DUTA HIV BONTANG 2008

Miftahul dan Kevin Duta HIV
Bagi Brosur ke Sekolah, Ada yang Janji Tutup Lokalisasi
BONTANG - Kevin Pami Pradana dan Miftahul Hasanah dinobatkan sebagai Duta HIV-AIDS Bontang Tahun 2008. Keduanya berhak membawa Piala Bergilir Wali Kota, trofi, hadiah uang tunai, dan kesempatan melanjutkan pendidikan ke Fakultas Kehutanan Universitas Mulawarman tanpa melalui proses seleksi.

Dalam malam grand final di Gedung Aini Rasyifa Tanjung Laut, Sabtu (25/10) tadi, ke-20 finalis tampil di atas panggung dengan menggunakan pakaian kreasi masing-masing. Sebelumnya lomba diawali penampilan band remaja, dilanjutkan dancer dari siswa SMU.

”Pemilihan Duta HIV-AIDS akan menjadi agenda tahunan Pemkot dan Komisi Penanggulangan HIV-AIDS (KPAD) Bontang. Ini merupakan salah satu program Pemkot dan KPAD untuk mencegah dan menanggulangi penyebaran HIV-AIDS, khususnya di kalangan remaja,” ujar Ketua Panitia Pelaksana, drg Maena Arifin.

Ke-20 finalis telah melewati masa karantina selama 3 hari. Tapi, mereka kembali melewati seleksi dari dewan juri dan panitia. Para finalis bukan hanya dinilai dari segi intelektualitas, tapi juga kepribadian dan wawasan. Salah satu poin penting yang juga menjadi penilaian dewan juri adalah, kemampuan para finalis dalam berbahasa Inggris.

”Tolong panitia, pertanyaan yang diajukan dewan juri, dijawab dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia,” ujar pemerhati HIV-AIDS Neni Moerniaeni, salah satu dewan juri.

Mendengar permintaan tersebut, master of ceremony (MC) yang memandu acara kemudian membacakan pertanyaan yang telah disiapkan dewan juri dalam dua bahasa. Putri, peserta pertama yang masuk 10 besar dan sebelumnya hanya menjawab pertanyaan dalam bahasa Indonesia, diminta kembali melengkapi jawabannya dengan jawaban dalam bahasa Inggris.

”Karena dewan juri meminta jawaban dalam bahasa Inggris, maka finalis yang tadi telah menjawab pertanyaan dalam bahasa Indonesia, kami minta kembali tampil ke depan untuk memberikan jawaban dalam bahasa Inggris,” ujar Intan yang bertindak sebagai MC.

Setelah 10 finalis menjawab pertanyaan yang dibacakan, akhirnya dewan juri menetapkan 6 finalis yang berhak memperebutkan posisi sebagai Duta HIV.

Di babak ini, peserta kembali diuji kemampuannya intelektualnya dalam bidang HIV-AIDS. Pertanyaan pun langsung diajukan dewan juri. ”Apa yang kamu lakukan jika kamu terpilih sebagai duta HIV?” ucap salah seorang dewan juri.

Meski semua peserta sudah pernah mempresentasikan program yang akan dilakukan jika terpilih sebagai duta HIV-AIDS, namun ternyata pertanyaan sederhana itu, membuat beberapa peserta terlihat bingung.

”Kalau saya terpilih, mulai besok hingga tiga bulan ke depan, saya akan mulai melakukan sosialisasi. Saya akan membuat leaflet dan brosur yang berisi tentang bahaya HIV-AIDS dan membagikannya ke sekolah-sekolah dan lingkungan sekitar saya. Tentu saja, saya akan melibatkan seluruh teman-teman saya, para finalis duta HIV-AIDS,” ujar Miftahul Hasanah, finalis dari SMU Negeri 2 Bontang.

Wali Kota Sofyan Hasdam yang hadir dalam kesempatan tersebut, juga mendapat kehormatan untuk memberikan satu pertanyaan kepada salah satu finalis putra. ”Jika kamu menjadi Wali Kota, apa yang kamu lakukan untuk mencegah HIV-AIDS,” tanya Sofyan.

Finalis yang mendapat pertanyaan tersebut, terlihat berpikir sejenak, sebelum akhirnya menjawab. ”Saya akan menutup lokalisasi,” kata Jatmiko, mantap.

hasil pemilihan duta HIV:

  • DUTA HIV PUTRA : KEVIN PAMI PRADANA ( SMK N I)
  • DUTA HIV PUTRI : MIFTAKHUL KHASANAH ( SMA N 2 )
  • RUNNER UP I PUTRA : SEPTIAN ARIF JATMIKO ( SMP YPK )
  • RUNNER UP I PUTRI : ANISSA ZASKIA PUTRI ( SMP N 1 )
  • RUNNER UP II PUTRA : ANDI BUDRAH SADAM ( SMA VIDATRA )
  • RUNNER UP II PUTRI : VHENY ALVIONITA ( SMA N 2 )
  • DUTA HIV TERFAVORIT PUTRA : MUFLI ALHAFIDI ( SMA N 1 )
  • DUTA HIV TERFAVORIT PUTRI : ANGGREANI PRATIWI ( SMK N 1 )
  • DUTA HIV BERBAKAT : NOVRY TOMMY LEONARDO ( SMK PB )

1 komentar:

  DUTA HIV

30 Desember 2008 pukul 04.10

SELAMAT YACH... Bwt para pmnang... ayo duta hiv semangat dan kejarlah prestasi di kota bontang yg tercinta ini......